logo blog
Selamat Datang Di Info Blogger Masa Kini
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Blogger Masa Kini,
Semoga apa yang saya share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
jangan lupa untuk sekedar meninggalkan komentar sebagai rasa peduli anda terhadap blog ini.

Meta Tag Data Terstruktur pada template blog

Info Blogger, meta bannerInfo Blogger, rangkaian kode Meta Tag Data Terstruktur pada sebuah template blog ini memiliki fungsi untuk memberitahukan atau memberikan informasi pada mesin-mesin pencari berdasarkan fungsi dari meta tag tersebut, dan penempatan meta tag pun berbeda-beda. Untuk memahami lebih detail lagi kita akan melihat beberapa meta yang terdapat pada head dan body, berikut ini meta tag yang sering gunakan dalam sebuah template blog atau website :

Mata Tag pada Head

Yang pertama meta tag yang berada di head, bila kita lihat ada beberapa meta yang harus di optimasi karena meta yang berada head pada umumnya meta yang sering di crawling dan di index pertama kali oleh mesin pencari. berikut ini meta tag yang berada di head yang harus kita optimasi:
  • Meta Judul : meta judul umumnya bernama title dimana setiap nama blog harus berada di title ini, serta untuk judul posting juga berada di title.
  • Meta Description : Meta tag yang satu ini adalah salah satu meta yang fungsi untuk memberikan informasi cuplikan dari website tersebut baik di halaman home page atau di judul posting. usahakan untuk membuat meta description sebaik mungkin karena cuplikan pada meta description akan jadikan atau ditampilkan di halaman pencarian, satu lagi trik untuk meta ini adalah membuat cuplikan se-relevan mungkin karena kalau tidak relevan kemungkinan meta tag ini tidak ditampilkan di halaman pencarian semestinya.
  • Meta Verifikasi Webmaster : kode unik dari webmaster atau bahkan web direktory perlu kita gunakan dan penempatannya berada di antara head pembuka dan penutup yang sudah saya katakan diatas. biasanya meta dari webmaster ini mempunyai kode unik yang bisa kita dapat setelah kita mendaftarkan website atau blog kita di webmaster.
  • Meta Image : berupa URL atau link gambar dari website kita, meta ini akan menampilkan dan memberitahukan pada mesin pencari bahwa website kita mempunyai gambar yang relevan di hasil pencarian gambar.
  • Meta Keyword : meta yang berikutnya meta keyword namun beberapa pakar seo mengatakan bahwa meta keyword untuk saat ini tidak mendapatkan reputasi baik untuk mesin pencari bahkan ada yang bilang bahwa meta keyword sangat rentan sekali terjadinya duplikat konten, untuk masalah ini saya pribadi tidak menyarankan untuk memakainya namun jika merasa perlu silahkan saja.

Meta Tag Pada Body

Untuk memenuhi standart SEO meta di dalam body sangat di sarankan sekali terutama untuk meta breadcumb yang sangat disarankan oleh sebagian besar webmater, berikut ini meta tag yang berada di dalam body
  • Breadcumb : untuk mendapatkan posisi halaman satu meta ini sangat disarankan sekali, karena selain akan ramah dengan pengunung, ternyata meta ini sangat disukai oleh mesin pencari karena dengan adanya breadcumb robot spider akan mudah menentukan website kita, untuk cara pemasangan breadcumb di wordpress kita dapat memanfaatkan plugin dari yoast jika memakai plugin seo dari yoast namun jika tidak menggunakan plugin seo ini kita masih bisa menggunakan plugin lain dan untuk pemasangan di blogspot silahkan kunjungi halaman cara membuat breadcumbs.
  • Meta Sidebar dan Meta Footer : kedua meta tag ini untuk mendefinisikan tentang sidebar dan footer, dengan menggunakan meta tag untuk sidebar dan footer robot bot akan mudah untuk menentukan hal mana yang harus di prioritaskan utama sesudah posting dan halaman page, untuk menggunakan meta tag ini hampir semua template wordpress sudah terpasang namun untuk blogspot kunjungi halaman Optimasi Struktur Meta

Cara Menganalisa Meta Tag Data Terstruktur Blog

Sebelum kita melangkah melakukan pengecekan blog ada baiknya mengenal dahulu apa itu Data Struktur ? Data Struktur adalah pengenalan dari search engine terhadap blog diantaranya mengenai Konten Blog dan Authornya pemilik blog tersebut. Bila blog yang anda miliki telah terstruktur dengan benar maka mbah Google akan lebih sangat besahabat dengan blog anda sehingga kemungkinan artikel anda cepat terindeks dan akan lebih sering di kunjunginya. Untuk pertama kalinya melakukan konfigurasi SEO Webmaster akan muncul peringatan “ tidak ditemukan data terstruktur di website anda “, itu adalah hal yang wajar sehingga anda tidak perlu berkecil hati. Mengapa demikian ? Penyebabnya adalah kurangnya anda mengoptimalkan kinerja blog anda dan walau pun anda mati-matian memperbaikinya akan tetap muncul peringatan “ tidak ditemukan “. Peringatan tersebut akan muncul jika anda mengklick tab data terstruktur pada webmaster blog anda dikarenakan Google akan meng-Update blog anda paling cepat 1minggu.

Untuk mengetahui ada atau tidaknya meta tag ( Baca Cara Memasang Meta Tag SEO Friendly) pada blog, anda harus menggunakan tools bawaan mbah Google yaitu “ Google Rich Snippet “. Bisa juga melalui tools ini akan melakukan mata-mata pada blog anda untuk mengetahui berapa banyak dan apa saja kesalahan-kesalahan data terstruktur blog. Di Google rich snippet ada yang namanya “ alat uji coba data terstruktur “, isikan url blog anda di sana dan kemudian klik pratinjau. Maka akan muncul data-data mengenai struktur blog anda.

Setelah menyimak keterangan di atas saya harap anda mengerti apa itu data struktur dan melakukan pengecekan, maka sekarang kita akan masuk pada tahap selanjutnya cara menanam meta tag terstruktur di blog.

Cara Menanam Meta Tag Data Terstruktur Di Blog

Dalam membangun data blog/web agar terstruktur dengan benar dan baik yang harus anda lakukan adalah mengkonfigurasi HTML Template blog dengan menambahkan meta tag. Dan berikut di bawah ini adalah caranya, simak baik-baik agar blog anda benar-benar data strukturnya menjadi lebih optimal.

1.Login ke akun blog anda
2.Ketik template dan buka edit HTML dan cari kode seperti di bawah ini :
<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Strict//EN"
"http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-strict.dtd"><html
xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b'
xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data'
xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'>
<head>

Jika sudah menemukannya silahkan anda hapus kode di atas mulai dari awal hingga kode <head>.

<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
<!DOCTYPE html>
<html expr:dir='data:blog.languageDirection' itemprop='http://schema.org/Article'
itemscope='http://schema.org/Article' itemtype='http://schema.org/Article'
xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b'
xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data'
xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'&gt;
xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b'
xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data'
xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'/&gt;
<head>

Tahap selanjutnya, buang seluruh kode di antara kode di antara <head> sampai kode - <b:skin><![CDATA[, kemudian copy paste kode di bawah menggantikan kode yang telah di hapus tadi.
<link href='https://plus.google.com/ID G+ anda' rel='publisher'/>
<meta charset='utf-8'/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<title><data:blog.pageName/></title><b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title></b:if><b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title></b:if>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta content=' Deskripsi Blog anda' name='description'/>
<meta content='Keyword Blog anda,' name='keywords'/>
<meta content='Nama anda' name='Author'/>
<meta content='Enail anda' name='Email'/>
<meta content='general' name='rating'/>
<meta content='all' name='robots'/>
<meta content='index, follow' name='robots'/>
<meta content='1 days' name='revisit-after'/>
</b:if>
<meta content='https://plus.google.com/ID G+ anda'
name='DC.Creator'/>
<meta content='Judul Blog anda' name='DC.Identifier'/>
<meta content='ID' name='DC.Language' scheme='ISO639'/>
<meta content='Judul Blog anda' lang='id' name='DC.Title'/>
<meta content='www.blogger.com' name='DC.Relation.IsPartOf'/>
<meta content='1998-09-22' name='DC.Date.LastModified' scheme='ISO 31-1'/>
<meta content='https://plus.google.com/ID G+anda'
name='DC.Publisher'/>
<meta content='Indonesia' name='geo.placename'/>
<meta content='id' name='geo.country'/>

Silahkan anda rubah semua tulisan yang berwarna merah dengan data anda sendiri. Dan sebagai peringatan sangat penting, apabila di antara kode :
<link href='http://fonts.googleapis.com/css?family=Oswald' rel='stylesheet'type='text/css'/>

Sebaiknya anda biarkan saja dan tidak usah dihapus, karena itu adalah kode bawaan dari Google. Jika sampai anda menghapusnya maka akibatnya blog anda akan menjadi berantakan.

Tahap terakhir dan carilah kode berikut :

<b:if cond='data:post.hasJumpLink'>

Jika anda telah menemukannya masukkan kode di bawah tepat di atasnya :
    <div class='vcard' id='hcard- Judul Blog anda'>
    <span class='fn n'>
    <span class='given-name'>Posted by: Nama anda</span>
    </span>
    <a class='updated' href=' http://URL Blog anda/ ' rel='bookmark'>Nama Blog anda, </a> Updated at: <abbr class='published'expr:title='data:post.timestampISO8601'><data:post.timestamp/></abbr>
    </div>

Pada kode di atas terdapat tulisan yang diberi warna, silahkan anda menggantinya denga data anda. Demikianlah selesai sudah bagaimana cara mengoptimalkan data terstruktur blog anda dan sebaiknya segera anda cek blog anda kembali menggunakan Google Rich Snippet.

Enter your email address to get update from Info Blogger.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan meninggalkan komentar sebagai wujud kepedulian anda terhadap Info Blogger ini, kami harap anda tidak melakukan spam dan membuang jauh-jauh hal-hal yang bersifat negatif.
Harap maklum bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar anda.

Copyright © 2015. Info Blogger - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger