logo blog
Selamat Datang Di Info Blogger Masa Kini
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Blogger Masa Kini,
Semoga apa yang saya share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
jangan lupa untuk sekedar meninggalkan komentar sebagai rasa peduli anda terhadap blog ini.

Mendatangkan Visitor Organik Blog dan analisanya

Info Blogger pada kesempatan ini mencoba untuk membahas cara Mendatangkan Visitor Organik Blog dan analisa tentangnya. Tidak dapat disangkal lagi bahwa pengunjung blog yang nyata atau yang lebih sering diistilahkan dengan Visitor Organik merupakan sebuah point penting untuk meningkatkan popularitas sebuah blog, baik di mata pengunjung maupun di mata mesin pencari (search engine) semacam Google search engine. Secara sederhana, Visitor Organik ini didefinisikan sebagai pengunjung yang nyata-nyata berasal dari search engine semacam Google, Yahoo, Bing dan lain-lain. Artinya model pengunjung ini tidak berasal dari berbagai situs-situs atau media sosial yang ada. Jadi mereka langsung datang dari hasil pencarian melalui mesin pencari.

Info Blogger, Visitor Blog

Kita analogikan dengan sebuah situs media sosial besar semacam Facebook, pemiliknya bisa memperoleh keuntungan yang berlimpah sebagai akibat dari banyaknya Visitor Organik yang mengakses situs tersebut dari waktu ke waktu yang kian bertambah seiring dengan meningkatnya popularitas situs web yang bersangkutan. Dalam hal ini pemiliknya tentu telah melakukan berbagai upaya-upaya yang komprehensif untuk mendatangkan sebanyak mungkin Visitor Organik yang bisa jadi dengan meningkatkan berbagai layanan situs sehingga menjadi diminati banyak orang.


Pengertian Visitor Organik.

Visitor Organik adalah visitor (pengunjung situs atau blog) yang datang langsung dari mesin-mesin pencari, mereka data berkunjung karena menemukan situs atau blog kita pada daftar hasil pencarian search engine (SERP) setelah dia mengetikkan sebuah kata kunci (keyword) tertentu sesuai dengan informasi yang dibutuhkannya. Model-model visitor yang seperti inilah yang sangat-sangat disukai oleh kebanyakan search engine untuk menempatkan sebuah situs atau blog pada sebuah peringkat tertentu pada hasil halaman pencariannya.

Secara langsung pikiran kita akan langsung mengarah pada sebuah kesimpulan awal yaitu "peringkat sebuah situs atau blog dalam sebuah daftar hasil pencarian" membawa dampak yang tidak kecil untuk meraih atau mendatangkan sejumlah besar Visitor Organik yang diperlukan. Secara umum dapat penulis katakan "benar", namun dalam hal ini tidak berlaku selamanya, karena mesti harus didukung dengan berbagai upaya lainnya yang lebih signifikan dan sistematis sifatnya.


Analisa jumlah Visitor Organik.

Berikut ini beberapa situs yang dapat memberikan kita informasi yang cukup akurat tentang jumlah Visitor Organik sebagaimana yang telah penulis bahas di atas.

1. Google Analytics
Google Analytics adalah web resmi dari Google. Anda akan melihat sejumlah Visitor Organik secara Real-Time, tidak hanya itu saja Anda juga bisa melihat dengan keyword apa saja visitor-visitor tersebut bisa sampai datang mengunjungi blog Anda, dan ini merupakan tools yang sangat komplit dibandigkan dengan yang lainnya. Agar anda bisa mengetahui jumlah pengunjung atau visitor blog, Anda harus memasang kode yang telah disediakan ke dalam blog atau situs Anda. Kunjungi link ini : Google Analytics.

Info Blogger, Google Banner

2. Histats
Mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda, hampir semua pengguna blog lebih mengetahui Histats dibandingkan dengan Google Analytic, tools yang ada dalam histats juga tidak jauh beda dengan Google Analytics, namun di setiap tools memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri. Dengan menggunakan histats kita bisa melihat alamat IP Address yang digunakan oleh pengunjung, dengan syarat kita harus memasang widget histats ini ke dalam blog atau situs Anda. Kunjungi link ini : Histats.

3. Whos Amung
Whos Amung merupakan nama yang baru saya dengar, padahal ini sering saya lihat di blog sobat yang menggunakannya namun hanya saja saya tidak terlalu mengetahui nama tools tersebut, dan ternyata who's amung ini merupakan tools untuk mengetahui jumlah visitor blog (Visitor Organik). Whos Amung berbeda dengan tools untuk mengetahui jumlah visitor blog lainnya, whos amung ini hanya memiliki fitur untuk meilihat jumlah visitor secara Real-Time, dengan cara anda harus memasang widgetnya ke dalam blog kita. Kunjungi link ini : Who's Amung Us.


Cara Mendatangkan Visitor Organik Blog.

Sekarang kita telah sampai pada bahasan inti sekaligus menjadi akhir dari tulisan ini, yaitu tentang cara mendatangkan sejumlah besar Visitor Organik Blog. Banyak cara yang telah diulas di berbagai situs atau blog tentang hal ini, namun pada kesempatan ini, penulis hanya akan mengetengahkan beberapa hal yang penting-penting saja serta membawa dampak yang cukup signifikan.

1. Optimasi SEO secara maksimal.
Tidak dapat disangkal lagi, upaya optimasi SEO tidak dapat ditinggalkan begitu saja, utamanya untuk meraup sejumlah besar kunjungan nyata ke sebuah situs atau blog. Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan optimasi SEO ini, diantaranya adalah promosi artikel-artikel blog ke berbagai situs-situs online yang ada, mencari link-link balik (backlink) dari berbagai situs yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik dan masih banyak lagi aktivitas-aktivitas lainnya.

Tujuan utama dari optimasi SEO ini adalah menempatkan sebuah situs atau blog sedemikian rupa sehingga mampu menempati sebuah posisi strategis untuk bisa mendapatkan peluang dalam hal meraih sejumlah besar kunjungan nyata (Visitor Organik) dari sebuah search engine semacam Google atau Yahoo. Posisi pada halaman pertama sebuah daftar hasil pencarian (SERP) tentu saja akan memberikan peluang yang lebih besar dibandingkan dengan posisi pada halaman-halaman berikutnya.

Untuk lebih jelasnya anda dapat membaca uraian tentang Beberapa Hal berkaitan dengan SEO blog ini.

2. Posting sejumlah artikel-artikel yang berkualitas.
Eksistensi dasar sebuah situs atau blog adalah berupa artikel-artikel atau halaman-halaman postingan yang berisi sebuah informasi tertentu yang bermanfaat bagi sejumlah pengguna internet. Intisarinya adalah sebuah postingan blog (berupa artikel/tulisan dan bukan iklan) yang informatif serta banyak diminati oleh pengunjung.
Memang bukan merupakan suatu hal yang mudah untuk menghadirkan tulisan-tulisan dengan kualitas tersebut, banyak hal yang mesri diperhatikan terutama tentang metode-metode penulisan berdasarkan sebuah alur tertentu yang sistematis, sehingga mampu merangsang minat pengunjung blog untuk menuntaskan bacaannya hingga akhir sebuah tulisan.

Sampai saat tulisan ini aku buat, aku pun masih banyak belajar tentang cara membuat postingan blog yang baik dan berkualitas serta tidak membosankan para pembacanya. Namun satu hal yang telah menjadi patokan dasar adalah untuk selalu memperhatikan tingkat kesesuaian antara judul (topik bahasan) dengan sejumlah uraian-uraian yang ada dalam tulisan atau artikel itu sendiri. Jadi dalam hal ini tulisan tersebut dapat berfokus pada sebuah hal tertentu.

3. Berpromosi di berbagai media promosi online maupun offline.
Setelah kita memiliki sejumlah postingan blog yang berkualitas, maka sudah selayaknya kita melakukan berbagai upaya promosi agar tulisan-tulisan tersebut diketahui oleh sejumlah besar pengguna internet maupun orang banyak. Promosi di berbagai situs jejaring sosial maupun media-media online akan banyak membantu dalam hal ini. Menulis di berbagai forum online dengan memberikan tautan langsung (link) ke sebuah halaman postingan blog juga akan mendatangkan banyak manfaat untuk meningkatkan popularitas halaman blog tersebut.

Media-media offline juga dapat kita gunakan, misalnya dalam bentuk iklan-iklan di surat kabar, sticker, sarasehan, temu akrab dan lain-lain. Namun satu hal yang harus selalu menjadi perhatian kita adalah berupaya untuk selalu menjaga tingkat kualitas blog dalam artian menjaga tingkat kualitas postingan-postingan blog yang kita miliki. Jangan sampai kita mempromosikan halaman-halaman blog yang merupakan hasil dari proses copy-paste artikel milik orang atau blog-blog lain.

4. Proses Update postingan yang terjadwal.
Frekwensi Update postingan blog ini merupakan hal penting juga untuk kita perhatikan dengan tujuan untuk memperbanyak pilihan membaca atau pilihan informasi kepada para pengunjung blog. Semakin banyak kita memiliki postingan dalam sebuah blog, hal ini akan membawa dampak yang sangat positif bagi pengembangan blog tersebut ke depannya.

Tidak perlu update postingan setiap hari bilamana postingan-postingan tersebut tidak terlalu berkualitas sifatnya, mending kita update postingan seminggu sekali namun selalu menghadirkan postingan-postingan yang berkualitas dan unik (selagi bisa). Dengan demikian kualitas blog yang kita miliki akan tersangga sedemikian rupa dengan sejumlah postingan-postingan blog yang berkualitas dan menarik minat banyak orang.

Demikianlah uraian penulis tentang cara Mendatangkan Visitor Organik Blog dan analisanya, semoga hal ini dapat bermanfaat, minimal menambah wawasan bagi para blogger pemula (semacam aku ini).


Enter your email address to get update from Info Blogger.
Print PDF
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

30 komentar

Artikelnya sangat membantu.. salam sukses mas...

Balas

https://infobloggerku67.blogspot.com/2016/01/mendatangkan-visitor-organik-blog-dan-analisanya.html?showComment=1584520425297#c431569439557801616

Balas
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Silahkan meninggalkan komentar sebagai wujud kepedulian anda terhadap Info Blogger ini, kami harap anda tidak melakukan spam dan membuang jauh-jauh hal-hal yang bersifat negatif.
Harap maklum bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar anda.

Copyright © 2015. Info Blogger - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger