logo blog
Selamat Datang Di Info Blogger Masa Kini
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Blogger Masa Kini,
Semoga apa yang saya share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
jangan lupa untuk sekedar meninggalkan komentar sebagai rasa peduli anda terhadap blog ini.

Metode Pengembangan sebuah Blog

Info Blogger, pada artikel kali ini ingin membahas perihal Metode Pengembangan sebuah Blog menjadi lebih berkualitas, populer dan pada akhirnya nanti dapat dipergunakan sebagai ajang mendulang pundi-pundi rupiah bagi blogger pemiliknya. Metode Pengembangan dalam hal ini dapat diidentifikasikan sebagai beberapa cara untuk mencapai perkembangan blog sesuai yang ditargetkan sejak awal membuat serta memiliki blog.

Info Blogger, Pengembangan Blog

Berikut ini adalah beberapa pedoman dasar dalam rangka mengembangkan kepemilikan sebuah blog atau website, sebagai berikut :

1. Ketahuilah tujuan Anda dan Berpeganglah pada hal itu
Ketahui dan pahami betul apa tujuan anda membuat dan memiliki sebuah blog, idealnya bukan hanya untuk sekedar pengisi waktu luang (tentu saja bila anda ingin serius dalam hal ini).

Tom Webster, penulis di BrandSavant, merekomendasikan :

“Saya adalah orang terakhir yang Anda bisa tanyakan mengenai cara untuk mendapat subscriber. Walaupun sudah cukup berkembang dalam satu tahun terakhir, BrandSavant tidak menarik trafik yang sama dengan Blog Top 10 yang lain.
Saya kagum terhadap kemampuan orang-orang yang ada dalam daftar ini seperti yang dimiliki Jay Baer, karena dia tidak hanya membuat konten yang berkualitas, tapi juga membuatnya dengan sangat sukses!
Jika saya bisa memberikan sebuah nasehat, maka inilah nasehat itu: ketahuilah dengan jelas apa yang ingin Anda capai dengan blog Anda, dan jangan ragu-ragu. Saya tidak memiliki iklan di blog, tidak ada juga informasi produk yang bisa dijual. Jadi saya tidak terlalu mempedulikan jumlah trafik.
Saya mendapat bayaran saat seseorang menyewa saya untuk memberi pertanyaan cerdas dan membentuk wawasan di seputar jawabannya. Jadi saya memutuskan untuk tidak menjadi pengkoleksi konten, tapi hanya akan memposting pemikiran pribadi saya, dan hanya akan mempublikasikan sesuatu yang saya banggakan, sesuatu yang bisa merepresentasikan kualitas berpikir saya kepada calon klien.
Beberapa minggu saya mungkin akan memposting dua atau tiga hal; dan hanya satu di minggu-minggu lainnya. Apa yang saya dapat dari pendekatan ini adalah saat pertama kali mempublikasikan sebuah posting, mungkin saya tidak akan langsung mendapat trafik. Orang-orang mungkin datang melalui link Twitter, dan tidak langsung membaca artikel yang saya buat dan langsung pergi. Tapi mereka kembali lagi, seringkali beberapa minggu atau bulan setelahnya, saat itulah saya tahu bahwa tujuan saya sudah tercapai.”

Hal terpenting dari pernyataan tersebut adalah jangan ragu-ragu untuk menetapkan tujuan (meskipun tujuan tersebut tidak populis), dan langkah selanjutnya adalah berusaha sepenuh hati untuk mewujudkan tujuan akhir tersebut. Jangan berpindah haluan meskipun blog anda tidak terlalu kebanjiran traffik kunjungan.

2. Lakukan apa yang sudah Anda Janjikan.
Laksanakan apa yang telah anda janjikan baik kepada diri sendiri maupun kepada pengunjung setia blog anda.

Lee Odden, penulis di the TopRank Online Marketing Blog, merekomendasikan :

“Hal terpenting yang dibutuhkan sebuah blog untuk mendapat banyak subscriber adalah sesuatu yang sangat dasar: memberi alasan yang kuat untuk mensubscribe setiap kalau Anda mempublikasikan sesuatu.
Artinya Anda harus membuat janji tentang apa yang akan Anda tulis dan sediakan dan melaksanakan janji itu (konten yang memenuhi keinginan user dan membuat mereka menginginkan yang lain).
Banyak trik yang bisa digunakan seperti plugin untuk mendeteksi pengunjung baru dan mengarahkan mereka untuk mensubscribe atau mengikuti kontes yang menharuskan mereka untuk mensubscribe blog Anda. Tapi untuk membangun nilai dalam komunitas pembaca Anda dan menginspirasi mereka dengan blog Anda, kemampuan untuk menghasilkan sesuatu sesuai janji adalah hal yang penting.” 

3. Berikan kesempatan pada setiap pembaca untuk berinteraksi dengan Anda.
Beri kesempatan setiap pengunjung blog untuk berinteraksi dengan anda secara lebih memadai, untuk itu jangan terlalu melakukan proteksi terhadap kolom komentar blog.

Jay Dolan, penulis di The Anti-Social Media blog, merekomendasikan :

“Ingatlah pada orang-orang kecil. Anda tidak bisa membangun jumlah pembaca Anda satu per satu. Metode tersebut, walaupun terdengar bagus, sangat memakan waktu dan lambat. Jika Anda menghabiskan waktu di luar internet, maka Anda tidak bisa mendapat satu atau dua pembaca baru.
Walaupun begitu, Anda bisa memberikan setiap pembaca kesempatan untuk berinteraksi dengan Anda dan membuatnya berkesan. Tidak setiap pembaca akan menggunakan kesempatan itu, tapi jika hal itu terjadi dan Anda melampaui ekspektasi mereka, Anda akan mendapat pembaca yang akan membawa jauh lebih banyak pembaca dibandingkan semua usaha Anda untuk mendapat pembaca baru dengan usaha sendiri.” 

4. Ajaklah mereka untuk mensubscribe pada akhir Artikel.
Ajakan subscribe artikel-artikel blog anda ini pada dasarnya merupakan upaya untuk meningkatkan popularitas blog secara lebih maksimal.

Jason Keath, president dari Social Fresh (sebuah perusahaan edukasi social media), merekomendasikan :

"Letakkanlah form subscription secara menyolok. Jika call-to-actionnya terlihat jelas, orang akan lebih sering melihat dan tentunya makin banyak orang yang akan mensubscribe blog Anda. Konsep yang sama juga berlaku pada form subscription jenis pop-up, tapi saya tidak menyarankan hal ini, karena sering menjadi gangguan bagi user.
Tekankan pada email, bukan RSS. Lebih banyak orang yang mengecek email dibandingkan RSS. Jika memang ada orang yang ingin membaca RSS Anda, maka mereka akan mencari ikon RSS yang dibutuhkan.
Ajaklah pembaca untuk melakukan subscription diakhir sebuah artikel. Jika seseorang sudah mencapai akhir sebuah artikel, maka mereka sudah mendapat sesuatu dan berkemungkinan lebih besar untuk mendaftar.
Lakukan postingan setiap hari, atau setidaknya dalam jadwal yang regular. Orang-orang akan mensubscribe konten yang regular dan blog yang diupdate setiap hari mendapat jauh lebih banyak langganan (subscribers).” 

5. Biarkan orang-orang mengikuti Anda dengan cara yang mereka suka.
Berikan kebebasan kepada pengunjung blog anda untuk menjadi follower blog dengan cara mereka sendiri-sendiri dan jangan pernah melakukan pemaksaan terhadap mereka.

Kristi Hines, penulis di blog social media populer bernama Kikolani, merekomendasikan :

“Tips terbaik yang bisa saya bagikan tentang mendapat subscriber blog yang banak adalah untuk tidak berfokus pada memaksa pembaca untuk memilih satu cara untuk mensubscribe, tapi dengan memberikan banyak pilihan.
Secara personal, saya mensubscribe beberapa blogger berbeda dengan beberapa cara berbeda, termasuk RSS reader, email, dan StumbleUpon. Untuk beberapa blog, saya ingin membagikan isinya pada para follower, maka saya mengatur RSS feed mereka dalam Twitterfreed untuk secara otomatis melakukan share artikel terbaru mereka dengan menggunakan akun Twitter saya.”
Jika Anda ingin banyak orang mengikuti Anda, biarkan mereka melakukannya dengan cara terbaik yang cocok dengan mereka. Pastikan ada link menuju RSS feed, via email, Twitter, fan page Facebook, dan social network lain. Selain di bagian atas, tombol-tombol social media itu harus ada di sidebar dan bagian bawah blogpost Anda.
Cara lain untuk meningkatkan jumlah subscriber adalah dengan memasukkan link subscribe di profil social network, signature email, eBook gratis, dan semua tempat yang bisa Anda masukkan link tersebut. Semakin mudah pembaca Anda menemukan link itu, semakin banyak subscriber yang akan Anda dapat.” 

6. Berikan benefit.
Berikan benefit kepada para pengunjung setia blog anda, dalam hal ini bisa berupa link gratis atau lain-lain hal sesuai kemampuan pribadi anda.

Ricardo Bueno, penulis di RicardoBueno.com, blog yang membahas social media untuk real estate dan bisnis kecil, merekomendasikan :

“Tawarkan eBook gratis. Tidak tahu apa yang bisa ditulis? Pikirkanlah tentang apa blog Anda itu, carilah cara untuk membagikan tutorial yang bisa Anda berikan.
Sebagai contoh, saya memiliki blog untuk social media bagi industry real estate. Jadi tahun lalu, saya mewawancarai delapan blogger real estate untuk mengetahui metode dan teknik yang dibutuhkan untuk membuat blog real estate yang sukses. Saya menggabungkan hasil wawancara tersebut dalam sebuah eBook yang bisa saya bagikan secara gratis dan menawarkannya sebagai bonus untuk subscriber (saya mendapat 73 subscriber pada hari pertama).
Pada dasarnya Anda harus menawarkan nilai lebih untuk mereka yang menjadi subscriber. Lalu terus berikan konten berkualitas secara konsisten untuk menjaga perhatian mereka.”

7. Berfokuslah pada Konten yang tetap Segar.
Konten yang segar dalam hal ini adalah konten-konten yang original dan berkualitas (bukan hasil copy paste), dan seandainya terpaksa anda melakukan copy paste lakukan perubahan-perubahan mendasar agar artikel yang anda tulis tidak sama persis dengan artikel aslinya.

Stanford Smith, penulis di Pushing Social, merekomendasikan :

“Dari pengalaman saya, konten yang ‘tetap segar’ merupakan penarik utama untuk menarik subscriber untuk blog. Konten jenis ini berguna dari tahun ke tahun. Konten yang ‘tetap segar’ ini hangat diperbicangkan dan menarik karena bisa menawarkan jawaban yang luas bagi masalah yang dimiliki pembaca.
Pembaca mengkonsumsi konten ini dan memberikan penghargaan kepada pemilik blog berupa subscription. Untuk mencapai keefektivan maksimal, jadwalkan editorial Anda untuk menulis 10 sampai 12 post yang mendalam. Fokus Anda untuk menyesaikan masalah akan menarik bagi pembaca, sering dibagikan, mendapat urutan atas dalam hasil pencarian, dan menghasilkan subscriber yang loyal.” 

8. Hormatilah Audiens Anda.
Hargailah pengunjung blog anda bilamana blog anda ingin dihargai oleh orang lain, menghargai pengunjung tidak berarti harus menempatkan mereka seperti raja, namun bersikaplah sopan dalam memberikan balasan terhadap komentar-komentar yang mereka tinggalkan.

Francisco Rosales, penulis di SocialMouths, merekomendasikan :

“Menghormati audiens adalah metode paling efektif yang saya gunakan untuk menambah jumlah subscriber rss dan email. Sebelumnya saya sudah membuat beberapa keputusan, seperti tidak menggunakan pop-up atau tidak mengirimkan email dengan cara yang berlebihan. Tujuannya adalah untuk bertumbuh secara alami.”
Tentunya tingkat pertumbuhan saya tidak sebesar yang blogger lain, tapi saya percaya bahwa saya dibekali dengan subscriber yang kualitasnya lebih tinggi, serta tingkat unsubscribe yang mendekati nol. Saya cukup puas dengan hasil itu untuk sekarang ini.
Saya merekomendasikan pada semua orang untuk membuat Goal Conversion di Google Analytic agar mereka bisa menghitung persentasi pengunjung yang mendaftar (subscribe) pada Anda."

9. Tawarkan Nilai yang nyata.
Demi untuk menjaga kredibilitas blog anda, jangan sekali-kali anda memposting hal-hal yang bersifat pembohongan publik. Tuliskan sesuatu yang nyata, sehingga dapat bermanfaat bagi orang lain.

Danny Brown, pemenang penghargaan blogger marketing dan social media, sekaligus pendiri ‘For Bloggers by Bloggers’ dan ’12for12k’, merekomendasikan hal berikut :

“Tawarkan nilai yang nyata pada pembaca Anda. Daripada hanya menawarkan hal simple yang sudah biasa, contohnya Top 10 Tool Management Twitter, Anda bisa membahas perbandingan antara semuanya dan alasan untuk menggunakannya.”
Apa kelebihan dari hal ini? Bagaimana cara Anda menggunakan HootSuite untuk mengatur campaign? Bagaimana cara untuk membaca perkembangannya menggunakan Google Analytics? Dan bagaimana Anda menggunakan informasi ini untuk memperbaiki campaign selanjutnya?
Jangan hanya menawarkan sebuah daftar ‘Top 10′ – bahaslah lebih dalam mekanisme di balik pemilihan Anda, sehingga pembaca Anda memiliki sebuah alasan untuk memilih Anda dibanding blogger lain yang biasa-biasa saja."

Kiranya dengan 9 (sembilan) cara di atas, setidaknya anda telah memiliki cukup pegangan dasar untuk mengembangkan blog atau situs yang anda miliki. Salam blogger.
 
Enter your email address to get update from Info Blogger.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Terima kasih Gan, Infonya sangat bermanfaat.

Balas

Silahkan meninggalkan komentar sebagai wujud kepedulian anda terhadap Info Blogger ini, kami harap anda tidak melakukan spam dan membuang jauh-jauh hal-hal yang bersifat negatif.
Harap maklum bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar anda.

Copyright © 2015. Info Blogger - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger