logo blog
Selamat Datang Di Info Blogger Masa Kini
Terima kasih atas kunjungan Anda di Info Blogger Masa Kini,
Semoga apa yang saya share dan tulis di sini dapat bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
jangan lupa untuk sekedar meninggalkan komentar sebagai rasa peduli anda terhadap blog ini.

Info Blogger, Perjuangan melawan Kompetitor

Info Blogger, blogger pejuangInfo Blogger, berbicara tentang Perjuangan melawan Kompetitor (di dunia blogging) ini pada dasarnya adalah merupakan sebuah aktivitas seorang blogger di dunia maya (Internet) dalam usahanya merebut serta mempertahankan eksistensi dan kredibilitas blog yang dimilikinya. Sebuah perjuangan untuk menempatkan blog tersebut pada sebuah posisi strategis di halaman pertama hasil pencarian search engine, terutama Google search engine sebagai sebuah raksasa search engine dunia dan hingga saat ini masih menjadi primadona para blogger di dunia.

Perjuangan seorang blogger ini sangat khas sifatnya, karena haruslah dilakukan secara sistematis, terstruktur, terus menerus dan tidak kenal kata "berhenti". Kenapa demikian ? Aktivitas di dunia blogging tersebut selalu mengalami update secara berkala tanpa henti (selama masih ada koneksi internet). Dan dalam hal ini seorang blogger sejati selalu harus berjuang mengikuti perkembangan aktivitas blogging di dunia maya tersebut agar blog yang telah dibentuknya dengan susah payah itu tidak tergeser atau terlempar dari hasil pencarian search engine yang memang sangat penting itu.

Perjuangan seorang blogger tersebut harus memiliki strategi-strategi khusus agar mencapai sebuah hasil yang maksimal dengan menjadi leader pada halaman pertama hasil pencarian (SERP) sesuai dengan kata kunci atau keyword yang dibidik dan telah ditetapkan sejak awal membentuk sebuah blog. Strategi khusus tersebut pada dasarnya dapat dibedakan ke dalam dua golongan besar, yaitu Internal Strategi (strategi yang lebih memfokuskan diri ke dalam) dan Eksternal Strategi (strategi yang memfokuskan diri ke luar).

A. Internal Strategi.

Internal Strategi seorang blogger dalam melawan kompetitor-kompetitornya (yang berjumlah ratusan juta bahkan dapat menembus angka milyaran) itu masih dapat dibedakan lagi ke dalam dua faktor utama, yaitu Faktor pribadi seorang blogger dan Faktor kondisi blog yang dimilikinya itu. Internal strategi ini merupakan strategi dasar dengan memperkuat faktor-faktor internal sebelum melakukan perjuangan menembus batas faktor-faktor eksternal.

A.1. Faktor pribadi seorang blogger.
Seorang blogger yang ingin memenangkan perjuangan melawan kompetitornya haruslah memiliki sifat-sifat unggul yang lebih berkaitan dengan kepribadian blogger itu sendiri (manakala ingin mendapatkan peringkat yang bagus bagi sebuah blog yang dimilikinya itu). Adapun faktor-faktor pribadi seorang blogger tersebut adalah :

  • Kedisiplinan yang tinggi terutama saat melakukan aktivitas update blog.
  • Pantang menyerah meskipun pada mulanya merasa sulit untuk mencapai suatu hasil yang maksimal.
  • Ketekunan dalam melakukan update konten blog yang berupa artikel-artikel original dan berkualitas.
  • Terus belajar untuk meningkatkan kemampuannya di berbagai bidang yang berkaitan dengan upaya meningkatkan kualitas blog yang dimilikinya itu.
  • Berani bermimpi untuk mencapai sebuah keberhasilan yang mungkin sulit untuk didapatkan oleh orang lain.
  • Berani mencoba hal-hal baru terutama dalam kaitannya untuk meningkatkan popularitas blog yang dikelolanya itu.
  • Berani merealisasikan mimpi besarnya itu meskipun dalam kondisi-kondisi yang serba terbatas terutama berkaitan dengan pengetahuannya di dunia blogging.
  • Berani menentukan target maksimal yang mungkin dianggap tidak mungkin oleh sebagian kalangan blogger profesional.
  • Pandai memanfaatkan peluang yang memiliki tingkat keberhasilan dengan resiko tinggi.

A.2. Faktor Kondisi Blog yang dimilikinya.
Seorang blogger sejati pasti telah memiliki tingkat kesadaran yang tinggi bahwa memperjuangkan eksistensi sebuah blog yang tidak berkualitas merupakan sebuah hal yang sia-sia, membuang-buang energi dan pemborosan waktu tanpa hasil yang jelas. Untuk itu, seorang blogger akan selalu mengupayakan kepemilikan sebuah blog yang berkualitas berdasarkan ciri-ciri sebagai berikut :

  • Memiliki konten-konten yang original dan berkualitas serta bukan dari hasil tindakan copy-paste konten-konten blog milik orang lain.
  • Telah berada dalam kondisi optimasi SEO blog yang maksimal terutama berkaitan dengan judul blog, deskripsi blog serta desain blog yang maksimal.
  • Telah memiliki akselerasi loading blog yang maksimal semata-mata untuk memenangkan persaingan di mata search engine. 
  • Telah menyesuaikan diri dengan berbagai macam algoritma search engine yang berlaku terutama dalam hal pemeringkatan blog.
  • Tidak memiliki banner iklan yang terlalu banyak pada halaman homepage blog, karena esensi dasar sebuah blog adalah kumpulan konten-konten (artikel-artikel) yang berkualitas dan bukan kumpulan banner-banner iklan.
  • Telah memiliki menu navigasi blog yang jelas, dapat diakses dengan mudah dan tidak menyesatkan.
  • Merupakan sebuah blog yang telah benar-benar eksis dan tidak lagi membutuhkan perbaikan-perbaikan yang dapat membingungkan search engine dalam proses crawling.

B. Eksternal Strategi.

Eksternal strategi dalam perjuangan melawan kompetitor ini berkaitan dengan kondisi-kondisi di luar blog yang akan diperjuangkan tersebut, yang meliputi hal-hal berikut  :

  • Kuantitas dan kualitas blog-blog pesaing berdasarkan keyword yang dibidik.
  • Strategi promosi blog yang akurat, ter-target serta tidak membabi buta.
  • Proses mencari dan mendapatkan backlink blog harus dilaksanakan secara alami dan se-natural mungkin untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Jangan sekali-kali melakukan praktek-praktek malware maupun spam terhadap blog-blog milik orang lain.
  • Memanfaatkan berbagai macam fasilitas media sosial yang ada untuk meningkatkan kredibilitas serta popularitas sebuah blog.
  • Rajin melakukan aktivitas blogwalking terutama dalam rangka memperkenalkan blog yang dimiliki serta mendapatkan backlink yang berkualitas.
  • Cepat tanggap terhadap kehadiran pengunjung, artinya jangan terlalu lama memberikan jawaban terhadap komentar-komentar yang masuk.

Demikianlah uraian tentang perjuangan melawan kompetitor ini, semua tulisan ini adalah buah pikiran pribadi penulis berdasarkan pengalaman mengelola banyak blog yang lain.

Enter your email address to get update from Info Blogger.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

3 komentar

Sebuah kisah/tutorial yang sangat menginspirasi aku yang newbie ini, salam persahabatan

Balas

Melawan kompetitor blog pada hasil SERP memang merupakan sebuah proses panjang dan terkadang melelahkan .... tetap semangat ... !!!

Balas

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Balas

Silahkan meninggalkan komentar sebagai wujud kepedulian anda terhadap Info Blogger ini, kami harap anda tidak melakukan spam dan membuang jauh-jauh hal-hal yang bersifat negatif.
Harap maklum bilamana terjadi keterlambatan balasan komentar anda.

Copyright © 2015. Info Blogger - All Rights Reserved | Template Created by Info Blog Proudly powered by Blogger